Jumat, 21 Oktober 2011

Faktor Penting Penentu Nilai Ulangan


Sebagai pelajar SMA yang ingin membahagiakan orang tua, gue 'menghalalkan segala cara' buat dapet nilai bagus. Mulai dari nyontek sampe jual koran. Mulai dari nyontek pake hp sampe telpon umum. Mulai dari nulis contekan ditangan sampe ke ketek. Oh my God! Bila itu semua cara lo, kita hidup di era dan pola pikir yang berbeda. Gue gakebayang nulis contekan di ketek. Pertama itu jelas jelas ga aman, selain ga aman buat lo yg akan ketauan guru, mungkin juga untuk orang yang ada disekitar lo. Cukup untuk ketek. Gue punya beberapa :


1. Tuhan Yang Maha Esa : Ini faktor mutlak gabisa ditawar tawar. Emang beli cabe.


2. Punya relasi, siapa? : Gue percaya dengan pribahasa, "sepandai pandainya manusia ngerjain soal, pasti butuh nyontek." Dan gue juga sangat memegang teguh apa yang guru gue pernah bilang sebagai bakti gue sebagai murid, "Manusia adalah makhluk sosial. manusia butuh orang lain. Ini manusia, bukan kalian" Ini mungkin bukan contoh guru yang baik. Well kita bukan bahas soal gurunya sekarang. Dan Relasi (Temen) itu berpengaruh dengan nilai lo.
Contoh: Lo berteman dengan orang yg suka nyontek. Otomatis lo dapet contekan. Dan otomatis lo akan parno tiap ulangan. Lo berteman dengan yg tidak suka bahkan menglakhnat kata 'nyontek'. Ini mungkin akan aman untuk ranking 1-3, tapi tak aman buat ranking selanjutnya. Dan yang terakhir dan yang paling gue suka. Temenan dengan orang yg suka dapet bocoran. Kecil sekali kemungkinan lo buat ketangkep kalo lo juga 'mulus mainnya'. Artinya makin dikit orang yg tau makin aman lah lo, dan makin dikit yg tau makin ga akuratlah jawaban lo.


3. Dimana lo duduk : Ini juga berperan dalam menentukan kesuksesan nilai ulangan lo. Semakin tempat lo terlihat guru, semakin kecil nilai lo. Gue ga harus jelasin kenapa, karena sudah ada rumput yg bergoyang.


4. Hp apa yg lo pake : Buat pengguna hp touch, ini sangat membantu. Gue pernah liat kakak kelas gue naroh hp touchnya di kotak pensil yg bening dan dia tinggal gesar geser itu layar dan tak lama kemudian selesailah ia. Mari katakan SEMPURNAA.. Next buat lo yg merupakan bb user berterimakasihlah, karena cf (conference) sangat membantu, karena lo akan dapat jawaban lebih mudah. Buat pengguna hp yg udh 'maaf' buluk dengan keypad mencuat ke dalam dan keluar serta layar pecah dan speaker ancur jangan khawatir selama lo masih nerima sms, itu masih aman. Dan lo akan menjadi yg paling aman. Kenapa? Lo ga akan sayang liat hp lo diambil guru, dan lo gausah susah susah ngambil hp lo yg udh diambil td. Tapi media ini juga sangat berpengaruh dengan Relasi.


5. Siapa tuh guru yg jaga : Semakin galak dia semakin jelek nilai lo. Nilai dan guru selalu berbanding terbalik.

Gue percaya sesuatu yg baik diawali dengan niat yg baik. Karena niat gue baik, buat bahagiain orang tua gue, jadi semoga semua ini merupakan sesuatu yg baik. Mencontek mungkin cara yg salah. Tapi sebagai pelajar tahun 2011 ini saya mengakui bahwa banyak tekanan yang membuat kita nyontek. Nyontek itu tuntutan peran, peran sebagai anak yg sayang ibu yg malas dan kurang percaya pada dirinya. 
Bear in mind, gue mau ngingetin, nyontek itu harus didasari sesuatu yg baik, karena caranya aja udh salah..
Love
Ayu Dempsie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar